Selamat datang di blog yang akan mengupas tuntas semua hal yang berkaitan dengan perkembangan Teknologi saat ini

Rabu, 15 Januari 2014

Tips Mudah Dalam Membersihkan CPU


Kerusakan pada komputer mungkin disebabkan oleh banyak faktor, mungkin bisa karena kondisi CPU kotor dan berdebu.
Tips Mudah Dalam Membersihkan CPU Komputer
Kotoran dan debu dapat menghambat sirkulasi udara pada CPU yang menyebabkan CPU menjadi cepat panas (overheat) yang membuat komputer terkadang hang, bahkan mati secara tiba-tiba. Berikut adalah tips dan cara cepat untuk membersihkan CPU:

  1. Lepaskan semua kabel yang terhubung pada CPU (kabel power, atau kabel-kabel dari devices / alat-alat lain seperti keyboard, monitor, mouse, printer, dan lainnya)
  2. Buka casing CPU
  3. Lepas komponen di dalam CPU.
  4. Lepas Power Suplay. Namun sebelumnya lepas dulu kabel-kabel yang terhubung dari power suplay ke komponen lain seperti mother board, DVD-rom, VGA dan harddisk. Jangan sampai kita lupa lokasi / tempat awal komponen PC kita.
  5. Lalu, kita lepas RAM, harddisk, VGA (bila ada), ROM, dan floppy.
  6. Kita juga bisa melepas heatsink jika kita mampu atau berani, jika tidak, kita bisa meminta bantuan kepada orang lain yang ahli.
  7. Selanjutnya lepas processor, tolong agar lebih hati-hati pada komponen ini, ingat jika kita tidak bisa atau tidak berani, minta tolonglah pada yang ahli. Kita juga bisa melepas Motherboard dari CPU, namun jika tidak dilepas juga tidak apa-apa.
  8. Bersihkan dengan kuas kecil, jika kita punya blower, kita bisa menggunakan itu untuk membersihkan. Perlu diperhatikan, jangan gunakan cairan apapun untuk membersihkan segala komponen pada CPU.
  9. Power suplay, ROM dan Floppy cukup kita bersihkan dari ebu yang menempel dengan menggunakan kuas.
  10. RAM & VGA: bersihkan dengan kuas. Kaki-kaki komponen yg berwarna keemasan jika berwarna keruh / tidak mengkilap dapat kita bersihkan menggunakan penghapus pensil (digosok seperti biasa).
  11. Heatsink : Pisahkan logam dan kipasnya, lalu kita bersihkan menggunakan kuas.
  12. Processor : bersihkan dengan kuas. Mungkin ada bekas kerak diatas processor. Jangan khawatir, karena itu thermal paste yg sudah mengering. Bersihkan perlahan dengan hati-hati.
  13. Motherboard : bersihkan menggunakan kuas secara perlahan. Bersihkan juga sela-sela slot konektor RAM, VGA card, dll.
  14. terakhir, kita bersihkan casing CPU
  15. Pasang motherboard pada casing apabila tadi dilepas. Pasang processor di motherboard, tapi terlebih dulu oleskan thermal paste secara tipis dan merata pada permukaan yang akan bersentuhan dengan heatsink. Perhatikan jangan memaksa dalam memasang processor, mungkin saja kita memasang dengan terbalik.
  16. Pasang kembali heatsink dengan kipasnya. beri thermal paste secukupnya pada permukaan heatsink yg akan bersentuhan langsung dengan processor, lalu kita pasang heatsink di motherboard. Pasang juga kabel fan ke motheboard
  17. Pada slot RAM ada sekat kecil yang membagi slot menjadi 2 atau 3 bagian. perhatikan sekat tersebut. Jangan sampai terbalik dalam memasang RAM, tekan kedua ujung RAM hingga RAM terpasang di slotnya dan RAM akan terkunci secara otomatis.
  18. Pasang kembali Power Suplay Unit. Jangan lupaasang juga kabel yang awalnya terhubung dengan motherboard.
  19. Pasang VGA card pada slotnya. Jangan lupa kita pasang kabel powernya jika memang ada colokan khusus (biasanya terdapaat pada VGA card terbaru).
  20. Pasang harddisk dan DVD-Rom. Sambungkan kabel power dari power suplay, dan kabel data ke mother board.
  21. Tutup kembali casing CPU dan pasang kembali semua kabel yang awalnya terhubung pada CPU, seperti kabel power, keyboard, mouse, monitor.
  22. Nyalakan CPU dan silahkan test, semoga tidak overheat dan mati-mati lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com